Senin, 19 September 2016

kondisi geografis kepulauan riau sebagai salah satu poros maritim dunia di indonesia

Provinsi kepulauan Riau merupakan salah satu provinsi muda di indonesia karena baru terbentuk pada tanggal 24 September 2002. dan mulai beroperasi pemerintahannya pada tanggal 1 juli 2004 hal ini dituangkan dan berdasarkan undang - undang nomor 25 tahun 2002. sedangkan kondisi umum provinsi ini memiliki luas wilayah 251.810 km2 dengan luas daratan 10.595 km2 (4,21%) dan luas lautan 241.215 km2 (95,79%).dari keterangan tersebut sudah dapat kita simpulkan bahwa provinsi ini memiliki lautan yang sangat luas, dilihat dari namanya sudah tentu kita ketahui bahwa provinsi kepulauan riau terdiri dari pulau pulau. Jumlah pulaunya sendiri mencapai 2.408 buah dan pulau terdepan yang langsung berbatasan dengan negara tetangga berjumlah 19 buah dengan Panjang Garis Pantai : 2.368 km. melihat kondisi geografis kepulauan riau sebagai salah satu poros maritim dunia di indonesia sudah sangat pantas sekali selain budidaya kelautan dan perikanan yang ada di provinsi ini potensi maritim juga sangat maju dan berkembang pesat.

dilihat dari wilayah administrasi provinsi kepulauan riau memiliki 5 buah kabupaten, 2 kota, 70 kecamatan yang tersebar dan 141 kelurahan serta 275 desa. diantara 5 kabupaten tersebut adalah kabupaten Bintan, Karimun,Kabupaten Kepulauan Anambas, Lingga dan Natuna serta 2 kota yakni Kota Batam dan Kota Tanjung Pinang.peran serta tiap tiap daerayang berada di kepulauan riau ini sangat mendukung program pemerintah yang menjadikan indonesia sebagai poros maritim dunia melauli provinsi kepulauan riau salah satunya.

sedangkan untuk batas provinsi kepulauan riau ini adalah batas utara yaitu berbatasan dengan negara tetangga seperti Vietnam dan Kamboja, kemudian batas barat masih dengan negara tetangga yakni Singapura dan Malaysia serta provinsi Riau. untuk batas Timur sendiri berbatasan dengan Malaysia dan provinsi Kalimantan barat dan bagian selatan provinsi bangka belitung dan jambi.70% batas kepulauan riau memang berbatasan langsung dengan negara tetangga, oleh karena itu poros maritim dunia untuk indonesia di utamakan dari kepulauan riau mengingat provinsi ini selain memiliki potensi yang unggul juga menjadi pulau terdepan sebagai batas negara.

thanks for comment
EmoticonEmoticon