Rabu, 09 Desember 2015

cara membersihkan gonggong biar tidak bau amis

apabila anda bukan dari wilayah kepulauan riau maka akan bertanya apakah gonggong itu, gonggong adalah makanan khas kepulauan riau khususnya tanjung pinang, gonggong merupakan jenis siput laut dengan bentuk seperti keong, yang mempunya citarasa unik , selain menjadi makanan favorit gonggong juga menjadi simbol kota tanjungpinang. hampir setiap restoran di kepulauan riau menyediakan menu masakan gonggong. meskipun gonggong merupakan makanan yang mudah dimasak namun pada saat membersihkan bila kita tidak pandai maka masakan tersebut bisa menjadi tidak enak. oleh karena itu disini penulis akan berbagi tips tentang cara membersihkan gonggong biar tidak bau amis saat dimasak.


1. sebelum gonggong dimasak jangan biasakan merendam dalam air tawar dalam waktu yang lama hal ini dilakukan agar gonggong tidak busuk.

2. 30 menit sebelum gonggong dimasak rendam lah dengan air bersih dicampur daun jeruk dan sereh yang dihancurkan. masukan gonggong kedalam ember kemudian isi air hingga memenuhi permukaan gonggong kemudian aduk hingga kotoran yang berada dalam cangkan keluar.

3. gunakan kain kasa atau kasa pencuci piring untuk membersihkan cangkang dari lumpur, lumut dan kotoran yang menempel agar pada saat di rebus untuk dimasak tidak mencemari bumbu yang akan merusak cita rasa daging gonggongnya.

4. setelah bersih bilas dengan air tawar lagi , pastikan air bilasan sudah tidak berlendir dan keruh. hal ini membuktikan bahwa cangkang dan dalam cangkang sudah bersih siap untuk dimasak.

bagaimanapun bahan makanan yang enak apabila dalam pengolahan tidak diperhatikan kebersihanya maka akhinya mkanan tersebut akan sia-sia. oleh karena itu sebelum anda memasak gonggong lakukan pembersihan yang baik agar citarasa gonggong dapat maksimal.

thanks for comment
EmoticonEmoticon