Senin, 06 Juni 2016

berburu wisata kuliner di pulau bintan

setelah anda menikmati indahnya aneka wisata pulau bintan dari mulai lautan, pantai hingga pegunungan tentunya akan lelah . apalagi setelah seharian anda melakukan aktifitas menikmati alam dengan hampir melupakan rasa haus dan lapar. namun setelah semua itu berlalu kini perut anda pasti akan di ganggu dengan rasa lapar. jangan khawatir dan jangan takut karena dipulau bintan ini ada berbagai makanan istimewa dengan harga yang terjangkau yang pasti dapat memenuhi selera dan keinginan anda.
apalagi anda jauh2 datang dari luar pulau atau bahkan dari luar negeri, maka sangat disayangkan apabila anda tidak berburu wisata kuliner yang ada di negeri melayu ini.

pulau bintan dihuni dari berbagai suku di indonesia bahkan dari etnis tionghoa juga banyak menduduki di wilayah perkotaan maupun perkampungan. maka tidak mengherankan jika berbagai menu makanan nusantara bisa anda dapatkan di pulau ini.untuk berburu wisata kuliner di pulau bintan tidak lah perlu mengeluarkan biaya yang banyak karena semua disajikan dengan harga yang terjangkau.berikut jenis kuliner yang bisa anda dapatkan dipulau bintan kepulauan riau;

1. gonggong


gonggong merupakan binatang jenis siput yang hidup di air asin, binatang ini juga menjadi ikon kota tannjungpinang karena selain rasanya yang enak ternyata binatang ini atau makanan ini hanya dapat ditemui di tanjungpinang. berbagai olahan disajikan dalam menikmati gonggong khas tanjungpinang ini diantaranya cukup direbus kemudian dimakan menggunakan sambal, dibuat asam pedas dan bahkan para penduduk pulau bintan membuat olahan kerupuk gonggong agar dapat bertahan lama dan dapat di jadika oleh oleh khas.

2. otak otak


otak-otak merupakan jenis makanan yang berbahan dasar ikan laut, ikan yang sering digunakan adalah ikan tengiri, ikan merah, cumi-cumi. otak - otak sering ditemui diberbagai belahan nusantara, akan tetapi di pulau bintan ini otak - otak dibuat dalam kemasan yang berbeda yaitu dibungkus dengan daun kelapa dan dibakar , selain bentuknya yang unik makanan ini juga sangat lezat dan kaya akan vitamin. masyarakat tradisional diwilayah pulau bintan sering menawarkan otak-otak ini sebagai oleh oleh kepada para pengunjung lokal maupun internasional.




3. Ikan Asam Pedas


mungkin bagi anda yang belum pernah singgah di daratan melayu ini akan aneh mendengar masakan yang satu ini, selain otak - otak ikan asam pedas juga merupakan kuliner kebanggaan wilayah pulau bintan. ikan yang sering digunakan adalah ikan karang seperti kerapu. ikan asam pedas banyak diminati para penduduk dan tamu pendatang selain rasanya yang khas serta bumbu yang digunakan juga benar benar merupakan hasil tanah indonesia.



4. ikan asam manis


seperti kian asam pedas , ternyata ada juga asam manisnya , masyrakat pulau bintan menggunakan bumbu unik yaitu nanas sebagai pencipta rasa asamnya kemudian ikan asam manis ini adalah ikan yang digoreng kering kemudian di siram bumbu yang telah disiapkan sehingga memenuhi rongga - rongga ikan . kekayaan kuliner ini sering menjadi makanan favorit pulau bintan untuk para pngunjungnya.



5. prata


jenis makanan ini memang agak asing bagi yang belum pernah menyantapnya, prata hampir mirip dengan martabak telor hanya perbedaannya prata menggunakan kuah santan dan di isi dengan daging cincang. pembuatan adonan yang di lebarkan dengan cara di banting ke media yang rata dan licin sama persis dengan pembuatan martabak telor. makanan ini banyak ditemukan di kedai melayu sepanjang jalan yang berada di pulau bintan baik kota tanjungpinang maupun kabupaten bintan sendiri.

6. mie lakse


makanan tradisional ini merupakan makanan khas melayu, mie yang terbuat dari bahan dasar sagu memang menjadi makanan yang paling digemari untuk sekedar sarapan pagi, selain mie lakse juga ada mie lendir yaitu mie kuning yang di masukan ke dalam air panas kemudian di tiriskan dan disiram kuah kacang. citarasa makanan tradisional terasa pada masakan ini. tak heran jika setiap pagi sampai siang kedai yang menjual makanan ini selalu di penuhi pengunjung untuk melaksanakan sarapan pagi.

7. kopi hawaii


nama hawaii yang di pakai dalam minuman kopi hawaii ini bukanlah kopi yang berasal dari negara hawaii akan tetapi kopi lokal yang memang diberi nama kota hawaii. citarasa dan kekentalan kopi kadang membuat para penikmat kopi selalu ketagihan untuk meminum kopi ini. bukan karena candu akan tetapi karena rasa dan aromanya yang sangat nikmat.






demikian beberapa kuliner yang ada di pulau bintan , selain itu sebenarnya masih banyak lagi yang belum dicantumkan. apabila anda penasaran untuk mencobanya maka segeralah berkunjung ke pulau bintan untuk merasakan sensasi wisata kuliner di pulau bintan ini, selain menikmati kuliner anda juga harus mengunjungi 5 tempat wisata terbaik di kepulauan riau.

thanks for comment
EmoticonEmoticon