Selasa, 05 Januari 2016

7 fakta mengejutkan tentang pulau penyengat di tanjungpinang

orochimaru


jika anda orang melayu tentunya akan mengenal pualau ini dan jika anda pernah ke tanjungpinang maka tidak sah bila tidak pernah singgah kepulau penyengat, begitulah istilah yang digunakan oleh orang orang melayu yang bermukim ditanjungpinang. pulau ini merupakan pulau paling bersejarah dari sederetan pulau di indonesia. mengapa pulau ini sering di datangi oleh wisatawan lokal maupun asing yang sebagian besar muslim berikut fakta mengejutkan tentang pulau penyengat di tanjungpinang.

  1. kata penyengat pada nama pulau ini ternyata bukan disengaja namun nama ini berasal dari istilah sengatan serangga, kala itu waktu orang orang mendatangi pulau ini sering diserang oleh serangga berbisa yang suka menyengat, sehingga karena saat itu pulau ini belum memiliki nama sehingga orang orang dahulu mengistilahkan sebagai pulau penyengat karena banyak serangga yang suka menyengat.
  2. pulau ini ternyata menjadi satu satunya pulau yang memiliki kadar air tawar paling banyak dibandingkan pulau pulau lainnya yang berdekatan dengan pulau bintan, sehingga pada jaman dahulu kala orang orang melayu sering singgah ke pulau ini hanya untuk mengambil air tawar. dikarenakan mereka kesusahan dalam mencari air tawar baik orang melayu yang bermukim di pesisir atau pegunungan maupun orang orang suku laut.
  3. pulau penyengat merupakan tempat berdirinya kerajaan - kerajaan islam yang pertama kali di nusantara maupun wilayah indonesia. sebelum daerah melayu pecah menjadi 2 negara yaitu indonesia dan malaysia.
  4. pulai ini  menjadi simbol jatuh bangunnya imperium melayu yang  berlangsung 120 tahun semenjak berdirinya kerajaan riau pada tahun 1722, sebelum diambil alih oleh belanda pada tahun 1911.  pulau ini juga menjadi cikal bakal kesultanan johor, pahang, siak dan lingga yang berada di bagian selatan semenanjung melayu. 
  5.  awal mula pulau ini hanyalah sebagai tempat persinggahan para armada pelayaran yang melayari pulau bintan melalui selat malaka dan sekitarnya.
  6. pulau penyengat ini ternyata tempat pertahanan perang kala itu  pada saat terjadi perang saudara yang memperebutkan tahta kesultanan johor antara keturunan sultan mahmud syah dengan sultan abdul jalil riyatsyah.
  7. sekarang pulau penyengat menjadi tempat sejarah yang banyak didatang oleh pejabat pejabat tinggi negara karena dipercaya dengan mendatangi pulau ini hajatnya akan terkabul serta orang yang memiliki jabatan akan selamat. oleh karena itu hampir setiap tahun pejabat pejabat negara ramai berdatangan menymbangkan sebagian harta nya untuk kemajuan pulau ini dengan tujuan bersedekah.


demikian fakta mengejutkan tentang pulau penyengat yang selama ini kita hanya mendatangi dan sekedar melihat lihat tanpa mengetahui fakta dibalik semua kemegahan pulau ini.

thanks for comment
EmoticonEmoticon