Kamis, 10 Desember 2015

resep membuat prata khas tanjungpinang

prata adalah makanan yang berasal dari india namun makanan ini suah menjamur di wilayah kepulauan riau, bahkan sudah menjadi makanan favorit untuk disantap diberbagai waktu baik pagi buat sarapan maupun siang bukan makan siang astau makan malam, kalau di india roti prata/ roti canai hanya di buat lalu digoreng kemudian disajikan lain dengan di kepulauan riau roti prata di beri isi daging atau ayam dan di kasih kari sebagai kuah untuk dimakan bersama kuah santan. di wilayah tanjungpinang prata yang paling ramai dan terkenal adalah rumah makan pagi sore yang terletak di jalan merdeka arah timur dari pelabuhan internasional sri bintan pura. prata di sini sangat ramai setiap harinya selalu dipadati pengunjung dari berbagai daerah maupun orang - orang pulau, bahkan koki yang memasak prata ini juga berasal dari india. namun anda tidak perlu khawatir apabila ingin mencicipi masakan tersebut karena saya akan berbagi resep dengan anda yang tidak kalah enaknya dengan prata di rumah makan pagi sore. erikut resep membuat prata khas tanjungpinang yang sering di jual di rumah makan pagi sore.


ADONAN:
  1. 300 gram Tepung terigu
  2. 1 butir Telur ayam
  3. 50 ml Minyak goreng
  4. 150 ml Air hangat
  5. 1 sdm Susu bubuk
  6. 1 sdt Gula halus (opsional)
  7. 1/2 sdt Garam
  8. secukupnya Mentega
  9. secukupnya Minyak goreng (untuk merendam adonan)
CARA MEMBUAT ADONAN :

- Masukkan telur ayam, air hangat, dan minyak goreng dalam satu wadah. Kocok dengan garpu, aduk hingga rata
- Tambahkan tepung terigu, garam, gula halus, dan susu bubuk. Uleni dan banting2 adonan hingga kalis dan tidak lengket
- Bulatkan adonan sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Kalau saya kurang lebih 1.5 kali ukuran bola ping pong. Lalu rendam adonan dalam minyak goreng. Tutup wadah dengan kain bersih lalu diamkan selama 1-2 jam
- Setelah adonan direndam, pipihkan hingga benar2 tipis membanting bantingkan ke atas meja keramik yang disiapka denga sesekali ditarik ujungnya biar bisa menjadi lebar (tapi jangan sampai robek ya), lalu oleskan mentega hingga merata
- setelah membentuk lingkaran tipis dan besar masukan kedalam penggorengan datar tuangkan isian dengan campuran telor dan daging serta bawang bombay yang dicincang  ditengah tengah adonan yang sudah masuk ke dalam penggorengan.kemudian lipat sisi adonan seperti membuat martabak telor untuk menutup isian agar tidak tumpah.
- setelah adonan sudah mulai masak dan mengeras daengan warna kekuningan angkat dan tiriskan kemudian potong - potomng membentuk segi empat.
- letakan di atas piring datar kemudian beri kuah santan yang sudah dimasak dengan bumbu untuk melengkapi hidangan tersebut.


demikian resep prata ala tanjungpinang ini semoga bermanfaat.

thanks for comment
EmoticonEmoticon